Anda Belum Login,
silakan login atau register ?
Login Register
Pilih Edisi
Pilih Edisi
background
Buka Bisnis Kuliner di Zaman Digital
Reksadana Jagoan Penghasil Cuan

background
Beli Sepeda Pakai Angsuran, Dompet Tak Terbeban
SEPEDA | 13 September 2020
Beli Sepeda Pakai Angsuran, Dompet Tak Terbeban

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Booming sepeda di tengah pandemi ini, ternyata membuat harga sepeda terus mendaki. Banyak orang ingin membeli sepeda, apa daya anggaran tak mencukupi. Alhasil, tak banyak orang mampu beli sepeda dengan cara tunai keras. Tak heran jika, perusahaan pembiayaan dan perbankan segera turun tangan menawarkan solusi. Mereka memberikan layanan kredit sepeda lewat pembiayaan multiguna, kredit tanpa agunana (KTA) dan kartu kredit.

Astra Financial lewat Federal International Finance (FIF), misalnya, ikut ambil bagian untuk kredit bagi goweser ini. Didiet Hardiyanto, Brand Relationship Manajement Sub Department Head SPEKTRA mengatakan, pihaknya punya pembiayaan khusus sepeda, yakni untuk pembelian semua jenis sepeda, dari mulai sepeda untuk usia anak hingga dewasa.

Untuk memenuhi permintaan konsumen yang datang dari para pesepeda, Didiet mengatakan, pihaknya juga menyediakan pembiayaan untuk berbagai jenis sepeda, mulai dari kredit sepeda untuk keperluan sehari-hari maupun pembelian sepeda dengan tujuan untuk kegiatan olahraga.

Nggak mau ketinggalan, Home Credit Indonesia sebagai perusahaan pembiayaan multiguna, juga berusaha untuk memenuhi kebutuhan para konsumen termasuk dalam menyediakan pembiayaan untuk sepeda.

Nah, produk pembiayaan sepeda ini bisa ditemukan di mitra Home Credit seperti Selis dan United Bike.

Ini waktu yang tepat buat ambil cicilan sepeda, Moin Uddin, Direktur Pemasaran dan Strategi Home Credit Indonesia mengatakan, mitra Home Credit yakni Selis dan United Bike sedang ada promo bunga 0% yang diberikan kepada pembeli mereka, hingga Desember 2020.

Lani Darmawan, Direktur Konsumer Bank CIMB Niaga mengatakan, buat nasabah yang ingin kredit di perbankan bisa ambil alternatif pinjaman di KTA atau kartu kredit dengan membeli sepeda secara online. Saat ini, banyak e-commerce yang menawarkan kredit sepeda dengan kartu kredit.

Lalu bagaimana cara untuk bisa kredit sepeda? Yuk, Kita simak!

  • Federal International Finance

Bagi Anda yang punya pendapatan tetap, bisa mengajukan pembiayaan sepeda di FIF. Didiet mengatakan, segmen pasar kredit sepeda di FIF adalah customer dengan fixed income. Mereka yang mengajukan kredit ini, akan dikenai bunga pembiayaan yang besarnya adalah 2%-3% per bulan.

Booming sepeda yang terjadi belakangan, juga menjalar pada pembiayaan yang disalurkan oleh FIF. Didiet bilang terjadi peningkatan permintaan pembiayaan sepeda, khususnya selama bulan Juni dan Juli 2020 lalu. FIF mencatat total pembiayaan sepeda mencapai Rp 12,45 miliar per Juli 2020. Mereka rupanya cukup optimistis dengan pertumbuhan kredit sepeda ini. Kami menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan sepeda hingga Rp 18 miliar di akhir tahun, katanya.

Didiet mengatakan, FIF menyediakan jalur pembiayaan secara konvensional maupun online. Jadi konsumen bisa memilih sendiri, pembiayaan mana yang mereka pilih. Jika mengambil kredit dalam jalur konvensional, konsumen bisa datang ke dealer atau toko sepeda yang telah bekerjasama dengan FIF, atau bisa datang ke kantor cabang.

Sebaliknya, Jika konsumen ingin akses secara online bisa dilihat dari ekatalog Spektra, kata Didiet lagi. Atau dapat menghubungi chat bot Fiona di website fifgroup.

FIF memberikan pembiayaan sepeda dengan plafon minimal Rp 2,5 juta per unit sepeda. Kami sudah bisa biayai dengan sepeda minimal seharga itu, tambah Didiet.

Dari pembiayaan itu, FIF memberikan tenor kredit selama 12 bulan, sedangkan untuk komunitas group costumer dan corporate, pembayarannya bisa dilakukan dengan pemotongan gaji, dan tenor sampai dengan 24 bulan.

Penjualan Sepeda Meningkat

  • Home Credit

Home Credit hadir untuk semua kalangan termasuk juga untuk pasar pembiayaan sepeda. Dalam kondisi new normal ini, banyak orang memilih berolahraga untuk menjaga kesehatan mereka, salah satunya adalah dengan olahraga sepeda.

Kini bersepeda menjadi alternatif pilihan yang sedang menjadi tren di semua kalangan masyarat. Untuk itu, Moin mengatakan Home Credit ingin turut serta mengambil bagian. Caranya dengan memberikan kemudahaan akses financial lewat pembiayaan sepeda, katanya.

Moin mengatakan, untuk pembiayaan sepeda, Home Credit menyediakan plafon mulai dari Rp 900.000 hingga Rp 15 juta per nasabah. Adapun, jangka waktu kredit yang ditawarkan oleh Home Credit ini bervariasi, dengan tenor mulai dari 6 bulan, 9 bulan hingga 12 bulan.

Tentu bunga kredit akan ada pada setiap pembiayaan termasuk sepeda. Hanya saja, Moin menyampaikan, agar nasabah bisa ikut promo yang sedang diselenggarakan oleh Home Credit, sehingga konsumen dapat menghemat pengeluaran biaya mereka.

Saat ini, Home Credit sedang ada promo bunga 0% untuk pembiayaan sepeda di Selis dengan periode promo sejak 29 Agustus 2019 sampai dengan 31 Desember 2020. Selain itu, juga ada promo bunga 0% untuk pembiayaan sepeda di United Bike sejak 5 Februari 2020 hingga 31 Desember 2020.

Selama masa pandemi ini, pembiayaan sepeda di Home Credit mengalami kenaikan seiring dengan adanya tren bersepeda. Perusahaan asal Belanda ini mencatat, pembiayaan sepeda tumbuh lebih dari 70% per Juni 2020 lalu dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kami mengharapkan pembiayaan di Home Credit untuk sepeda bisa terus naik, ucap Moin. Masa new normal menjadi harapan bersama bagi seluruh perusahaan termasuk Home Credit agar ekonomi tanah air bisa bergerak terus sehingga ada perbaikan pertumbuhan ekonomi.

Moin bilang, konsumen yang berminat membeli sepeda secara kredit dari pihaknya, dapat langsung datang ke toko mitra yakni Selis dan United Bike dengan membawa dokumen yang dibutuhkan, di antaranya berupa KTP dan satu dokumen pendukung lainnya.

Soal waktu, Home Credit menjanjikan setelah proses aplikasi selesai, konsumen hanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk proses persetujuan. Jika sudah disetujui Anda sudah dapat langsung membawa pulang sepeda. Ini menjadikan kami sebagai salah satu persetujuan pembiayaan yang tercepat di pasar, klaim Moin.

  • CIMB Niaga

Selain lembaga pembiayaan yang menyediakan kredit, selama ini pembeli juga bisa menggesek pembelian, dengan kartu kredit. Tapi, dari sisi perbankan, menyediakan juga kredit tanpa agunan untuk pembelian sepeda. Lani mengatakan, nasabah CIMB Niaga dapat mengajukan kredit lewat KTA atau kartu kredit. Khusus untuk KTA, nasabah dapat datang ke kantor cabang untuk mengajukan pembiayaan kredit untuk sepeda.

Nah, untuk mereka yang ingin membeli sepeda dengan cara mencicil menggunakan kartu kredit, biasanya, nasabah melakukan pembelian sepeda di toko-toko online seperti di Tokopedia atau Blibli. Saat ini, akses nasabah kami banyak dari marketplace, banyak konsumen sepeda yang membeli secara online, kata Lani.

Jika Anda ingin mengajukan kredit sepeda, tentu perusahaan pembiayaan dan perbankan menetapkan syarat khusus.

Lani bilang dari toko sepeda secara spesifik terlihat memang ada kenaikan di atas 50% untuk sales. Hanya saja, pengguna kartu kredit tidak dapat mendeteksi pembiayaan kredit untuk beli sepeda atau tidak.

Berdasarkan data, pembiayaan kartu kredit turun 2,8% menjadi Rp 8,69 triliun per Juni 2020 dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 8,94 triliun. Sedangkan, KTA turun 4,4% menjadi Rp 4,06 triliun per Juni dibandingkan posisi Juni tahun lalu Rp 4,25 triliun.

Yang pasti, perbankan termasuk Bank CIMB Niaga akan mencari peluang pembiayaan kredit di tengah pandemi ini. Dengan syarat pembiayaan tersebut minim risiko kredit karena jika tidak perbankan akan punya pekerjaan rumah (PR) yang banyak yakni restrukturisasi kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Reporter: Nina Dwiantika
Editor: Hendrika
Share :
Artikel Lainnya